Tips memulai bisnis sapi

/, Kabar Umum, Sapi Potong/Tips memulai bisnis sapi

Tips memulai bisnis sapi

Memulai Bisnis sapi

Potensi sapi di Indonesia mempunyai peluang yang sangat besar. Sayangnya, hal ini belum dimanfaatkan secara optimal. Misalnya, sapi potong lokal sebagai penghasil daging belum sepenuhnya diternakkan secara intensif. Padahal sapi local memiliki beberapa kelebihan, yaitu daya adaptasi tinggi, mampu memanfaatkan pakan berkualitas rendah, dan mempunyai daya reproduksi yang baik. Oleh karena itu, peluang pengembangan agribisnis sapi masih terbuka lebar.

Kategori Bisnis Sapi

bisnis sapi juga masih bisa dibagi menjadi 2  bisnis, yaitu bisnis bibit, bisnis penggemukan.

  1. Bisnis Bibit
  2. Bisnis bibit ini peternak baru bisa menjualnya setelah 13 bulan dipelihara, yaitu diambil dari 9 bulan masa kebuntingan dan 4 bulan dipelihara.

  3. Bisnis penggemukan
  4. Usaha ini sangat mudah dioperasikan, karena sapi hanya dipelihara sekitar 4-6 bulan, tergantung umur sapi yang dipelihara. Keuntungan bersih yang dapat diambil dari usaha penggemukan sapi potong ini bisa mencapai 1 – 1,5 Jt/ekor selama 4 – 6 bulan.

    Hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis sapi ini yaitu penentuan lokasi, penanganan sapi seperti pemberian pakan , dan pencatatan sapi secara continue untuk mengetahui bobot sapi.

    Untuk menunjang bisnis di atas juga kita masih bisa melakukan bisnis lain yang tentunya masih berhubungan dengan bisnis beternak sapi diantaranya adalah usaha penyediaan pakan, vaksin, obat-obatan dan sarana produksi pertanian mengingatnya semakin banyaknya budi daya sapi tentunya jumlah pakan yang dibutuhkan juga akan meningkat yang kemudian hal ini akan  menjadi peluang besar untuk usaha pengadaan pakan, obat-obatan maupun vitamin.

    Dari usaha sapi juga menghasilkan produk sampingan yaitu kotoran sapi. Kotoran sapi ini yang bila kita perhatikan ternyata memiliki nilai ekonomis jika kita bisa mengelolanya menjadi pupuk maupun biogas.

By | 2016-10-22T02:24:11+00:00 August 22nd, 2016|Categories: Info Ternak, Kabar Umum, Sapi Potong|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment