Syarat hewan Qurban

/, Kabar Umum, Sapi Potong/Syarat hewan Qurban

Syarat hewan Qurban

Mengingat sebentar lagi memasuki bulan dzulhijjah, yaitu bulan untuk kita dekat dengan sang pencipta melalui qurban. Untuk itu maka kita perlu tau apa saja syarat berqurban agar ibadah kita bisa di terima.

Sebelum kita mengetahui apa saja syarat sah qurban ada baiknya kita pahami dulu arti qurban. Qurban sendiri berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Kurban juga disebut dengan Al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan. Udhiyyah atau berkurban termasuk salah satu syi’ar Islam dan termasuk bentuk ketaatan kepada Allah semata, dan realisasi ketundukan kepada perintah dan larangan-Nya. Karenanya setiap muslim yang memiliki kelapangan rizki hendaknya ia berkurban.

Dan hewan yang bisa diqurbankan adalah hewan ternak yaitu meliputi unta, kambing, dan sapi. Berikut syarat sah hewan qurban:

  1. Bahimatul An’am adalah empat macam hewan yang dapat dijadikan hewan qurban yaitu unta/الإِبِلُ / الْبَدَنَةُ/ camel, sapi/الْبَقَرَةُ /cows/cattle, kambing/الْغَنَمُ /الْمَعْزُ /goat, dan domba/biri-biri/ الضَّأْنُ / الْخَرُوْفُ / الْكَبْشُ /sheep. Dalil yang menunjukkan bahwa hewan kurban hanya empat macam hewan ini adalah firman Allah;

{وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ} [الحج: 34]

Artinya: “dan bagi tiap-tiap umat telah Aku syariatkan Mansak, supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka” (Al-Hajj; 34)

  1. Memiliki usia sesuai syari’at berupa jaza’ah (berusia setengah tahun) dari domba atau tsaniyyah (berusia setahun penuh) dari yang lainnya. Unta yang telah siap dijadikan hewan qurban berusia lima tahun, untuk sapi berusia dua tahun, sedangkan kambing dan domba berusia setahun.
  2. Bebas dari aib (cacat). Cacat yang dimaksud adalah :
    Buta sebelah yang jelas/tampak.
    2. Sakit yang jelas.
    3. Pincang yang jelas.
    4. Sangat kurus, tidak mempunyai sumsum tulang. Dan, hal yang serupa atau lebih dari yang disebutkan di atas dimasukkan ke dalam aib-aib (cacat) ini sehingga tidak sah berkurban dengannya. Seperti buta kedua matanya, kedua tangan dan kakinya putus, atau pun lumpuh.
  3. Hewan qurban tersebut milik orang yang berkurban atau diperbolehkan baginya untuk berkurban dengannya. Maka tidak sah berkurban dengan hasil merampok dan mencuri, atau hewan tersebut milik dua orang yang berserikat kecuali dengan izin teman serikatnya tersebut

Diharapkan Dengan mengikuti syari’at yang benar insya Allah qurban yang kita laksanakan akan diterima oleh Allah SWT.

Untuk yang mencari sapi qurban, bisa anda hubungi farm kami.

About the Author:

Leave A Comment