Foot rot (kuku Busuk) pada sapi dan penanganannya

/, Kabar Umum/Foot rot (kuku Busuk) pada sapi dan penanganannya

Foot rot (kuku Busuk) pada sapi dan penanganannya

Penyakit Foot rot / Kuku Busuk pada Sapi

Foot rot atau sering disebut kuku busuk adalah infeksi kuku yang disebabkan oleh bakteri / kuman sehingga menyebabkan peradangan hebat diantara jari kuku. Penyakit ini pada umumnya menyerang ternak ruminansia dan tergolong penyakit bacterial yang disebabkan oleh bakteri Fusiformis necrophorus.

Kondisi lantai kandang yang kotor atau kasar menyebabkan kaki sapi terluka dan menjadi pintu masuk bagi bakteri tersebut. bakteri ini bersifat anaerob dan bisa bertahan lama jika berada pada kuku sapi. Kuman ini memakan jaringan kuku sehingga terjadi pembengkakan dan keluar nanah akibat matinya jaringan tersebut dan menimbulkan bau busuk pada kuku yang terinfeksi.

Foot rot/Kuku busuk

foot rot kuku busuk

sumber: www.nddb.org

Sapi yang mengalami penyakit ini biasanya lebih sering duduk akibat rasa sakit pada kaki. Selain itu rasa sakit ini juga mengurangi nafsu makan. Penyakit foot rot bias dicegah dengan selalu memperhatikan kondisi kandang. Diusahakan lantai kandang kering dan ternak dapat dilakukan pemotongan kuku.

Untuk sapi yang sudah terinfeksi sebaiknya bersihkan daerah yang terinfeksi dengan desinfektan. Jika sapi tidak kunjung membaik maka sapi harus disuntik antibiotic berdasarkan saran dari dokter hewan.

By | 2016-12-17T04:41:36+00:00 December 17th, 2016|Categories: Info Ternak, Kabar Umum|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment